Tentang pengelolaan kelas,
para ahli pendidikan berbeda-beda dalam mengemukakan definisi.
Definisi-definisi yang berbeda itu bukan dimaksudkan untuk mempersulit
arti dan makna pengelolaan kelas, akan tetapi justru akan menambah kejelasan arti pengelolaan kelas itu sendiri.
Untuk memahami pengertian tentang pengelolaan kelas secara mendalam, maka akan dikemukakan beberapa pendapat dari para ahli diantaranya :
a. Menurut Made Pidarta
Pengelolaan kelas ditinjau dari pengertian lama dan pengertian baru sebagai berikut:
1. Pengertian lama, Pengelolaan kelas adalah mempertahankan ketertiban kelas
2.
Pengertian baru, Pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan
menggunakan alat-alat yang tepat terhadap problem dan situasi
pengelolaan kelas. Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan
memelihara organisasi kelas sehingga individu dapat memanfaaatkan
kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada tugas-tugas individual
(Pidarta, tth : 47).
b. Menurut Suharsimi Arikunto
Pengelolaan kelas adalah
suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar
mengajar dengan maksud agar dicapai kondisi yang optimal sehingga dapat
terlaksana kegiatan belajar mengajar seperti yang diharapkan (Arikunto,
1986: 143).
c. Menurut Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan
Pengelolaan
kelas adalah usaha yang dilakukan guru untuk menata kehidupan kelas
dimulai dari perencanaan kurikulumnya, penataan prosedur dan sumber
belajarnya, pengaturan lingkungannya untuk memaksimalkan efisiensi,
memantau kemajuan siswa, dan mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin
timbul (Wijaya dan Rusyan, 1994: 113).
d. Menurut Muljani A. Nurhadi
Pengelolaan
kelas merupakan upaya mengelola siswa di kelas yang dilakukan untuk
menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas yang menunjang
program pengajaran dengan jalan menciptakan dan mempertahankan motivasi
siswa untuk selalu terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan
di sekolah (Nurhadi, 1983: 162).
Dari semua uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru
dalam mengelola anak didiknya di kelas dengan menciptakan atau
mempertahankan suasana atau kondisi kelas yang mendukung program
pengajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dipublikasikan Oleh:
M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar